Instalasi Pengolahan Air

Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sepatan merupakan instalasi pengolahan air utama milik Aetra Tangerang. IPA Sepatan memiliki kapasitas hingga 900 liter/detik dan mengambil air baku dari sungai Cisadane.

IPA Sepatan telah mempergunakan teknologi pengolahan air terkini sehingga mampu menghasilkan air dengan kualitas terbaik. Air yang diproduksi IPA Sepatan ini telah memenuhi standar PERMENKES No. 492 Tahun 2010 dan WHO sehingga layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat. IPA Sepatan juga menerapkan teknologi Backwash Recycling Process yang akan menghemat penggunaan air baku hingga 5%.

Limbah hasil pengolahan air ini nantinya akan dibuang ke sungai Cirarap, namun limbah ini tidak akan langsung dibuang ke sungai, melainkan akan diendapkan dulu dalam sludge drying bed’’ (kolam pengering lumpur) hingga menghasilkan filtrat yang telah memenuhi persyaratan air limbah dan aman untuk dialirkan ke sungai. Limbah ini tidak akan memberi beban polutan kepada sungai karena kualitasnya justru lebih baik dari kualitas air existing sungai Cirarap.

Dengan berbagai teknologi yang tertanam, IPA Sepatan telah berhasil mencapai kualitas dan efisiensi tinggi tanpa mengorbankan kelestarian lingkungan sekitar.

Stasiun Pompa Sadap

Bangunan pompa sadap Aetra Tangerang terletak di pintu sepuluh Sungai Cisadane. Fasilitas ini dilengkapi dengan empat buah pompa tipe submersible dengan kapasitas masing-masing 1160m³/jam dan memiliki tekanan 4atm. Pompa sadap ini akan memasok kebutuhan air baku dari Sungai Cisadane ke Instalasi Pengolahan Air Aetra Tangerang yang terletak di Sepatan. Dengan total kapasitas pompa mencapai 1300 liter/detik, bangunan pompa sadap ini mampu memenuhi kebutuhan air baku IPA Sepatan yang berkapasitas 900 liter/detik.

Instalasi Pompa Tekan

Pompa tekan berfungsi untuk menambah tekanan air sehingga tekanan air tetap terjaga hingga sambungan pelanggan terjauh sekalipun. Instalasi pompa tekan Aetra Tangerang terletak di Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cikupa dan dilengkapi juga dengan penampungan air berkapasitas 5.000 m3. Instalasi pompa tekan beroperasi dengan empat unit pompa berkapasitas 250 liter per detik dengan tekanan mencapai 6 bar. Instalasi booster pump beroperasi 24 jam tiap harinya dan didukung oleh 2 unit genset berkapasitas masing-masing 500 kva yang mampu memenuhi 100% kebutuhan listrik untuk mengoperasikan pompa tekan.

Fasilitas Tera Meter Air

Seiring masa pemakaian, meter air perlu di tera ulang secara berkala untuk menjamin keakuratannya tetap terjaga. Aetra Tangerang memiliki fasilitas tera meter air yang telah tersertifikasi oleh UPT Meterologi Kabupaten Tangerang sehingga dinyatakan memenuhi syarat dan layak untuk melakukan kegiatan tera meter air secara mandiri. Fasilitas tera meter air Aetra Tangerang memiliki dua line tera meter air dengan masing-masing line berkapasitas 10 meter, dan mampu melakukan tera 100 meter air per harinya.

FOLLOW US ON INSTAGRAM